Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Senin, 18 November 2013

Takutnya Para Sahabat Rasulullah

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda kepada Sahabat Mu'adz bin Jabal Al-Anshari رضي الله عنـه ketika beliau صلى الله عليه وآله وسلم mendapatinya dalam keadaan menangis, "Bagaimana kau berada di pagi hari ini wahai Mu'adz ?".

Beliau رضي الله عنـه menjawab, "Aku berada di pagi hari dalam keadaan beriman kepada اَللّهُ yaa Rasulullah".
Lalu Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya setiap ucapan memiliki bukti, dan setiap kebenaran memiliki hakikat, maka apa bukti dari ucapanmu ?"

Beliau رضي الله عنـه menjawab, "Wahai Rasulullah, tidaklah aku bangun di pagi hari kecuali aku menduga bahwa aku tidak akan sampai di sore hari, dan tidaklah aku berada di sore hari kecuali aku menduga bahwa aku tidak akan sampai di pagi hari.

Tidaklah aku melangkah kecuali aku menduga tidak akan mengikutinya langkah yg lain. Dan seakan² aku melihat tiap² umat berlutut dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Bersama mereka nabinya dan patung²nya yg dulu mereka sembah selain اَللّهُ سبحانه وتعالى. Seakan² aku melihat hukuman penduduk neraka dan pahala penduduk surga"

Maka Nabi صلى الله عليه وآله وسلم bersabda kepadanya, "Engkau telah mengetahui, maka pertahankanlah !" (HR. Al-Baihaqi dan Abu Nu'aim, dari Sahabat Anas رضي الله عنـه)

Sahabat Bahz bin Hakim رضي الله عنـه berkata, "Dulu Zurarah bin Aufa adalah seorang Qodhi di kota Bashrah. Suatu ketika dia menjadi Imam Shalat di Kabilah Qusyair. Pada waktu shalat subuh dia membaca,

"Apabila ditiup sangkala, maka waktu itu adalah waktu (datangnya) hari yg sulit" (QS. Al-Muddatstsir, 8-9)

Lalu dia pun terjatuh dan wafat. Aku termasuk yg membawa jenazahnya ke rumahnya" (HR. Tirmidzi)

مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه
رَبِّ فَانْفَعْنَا بِبَرْكَتِهِم ... وَاهْدِنَا الْحُسْنَى بِحُرْمَتِهِم ... وَأَمِتْـنَا فِي طَرِيْقَتِهِمْ ... وَمُعَـافَاةٍ مِنَ الْفِتَنِ

("Al-Manhaj As-Sawiy, Syarh Ushul Thariqah As-Sadah Al Ba 'Alawi", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Zain bin Ibrahim Bin Sumaith)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar