Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Senin, 18 November 2013

Ketakutan Para Khulafaur Rasyidin

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى , "Laki² yg tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati اَللّهُ, dan (dari) mendirikan shalat, dan (dari) menunaikan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yg (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang" (QS. An-Nur, 24;37)

Junjungan kami Al-Imam Sayyid Idrus bin Umar Al-Habsyi رضي الله عنـه berkata, "Sesungguhnya 10 orang sahabat yg mendapat kabar gembira dengan surga, semoga اَللّهُ meridhai mereka, mereka berada dalam puncak ketakutan.
Junjungan kami Sahabat Umar bin Khattab رضي الله عنـه adalah yg paling besar dan tinggi rasa takutnya.

Suatu ketika beliau ditanya, 'Mengapa engkau memiliki rasa takut, sedangkan manusia yg jujur lagi terpercaya dan tak berbicara berdasarkan nafsu (Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم) telah memberikan kabar gembira kepadamu dengan surga ?'

Maka beliau رضي الله عنـه menjawab, "Kami takut kabar gembira itu diberikan kepada kami dengan syarat² yg harus kami penuhi. Dan kami tak merasa aman dari nafsu kami. Boleh jadi kami tidak memenuhi salah satu dari syarat² itu !"

Diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam kitab "Syu'bu Al-Iman", dari Adh-Dhahak رضي الله عنـه, bahwa Sahabat Abubakar رضي الله عنـه berkata, "Demi اَللّهُ, aku menginginkan diriku adalah sebuah pohon yg tumbuh di pinggir jalan. Lalu seekor unta melewatiku, mengambilku, dan memasukkanku ke dalam perutnya, kemudian mengunyah dan menelanku. Lalu ia mengeluarkanku sbagai kotoran dan aku tidak menjadi manusia"

مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه
رَبِّ فَانْفَعْنَا بِبَرْكَتِهِم ... وَاهْدِنَا الْحُسْنَى بِحُرْمَتِهِم ... وَأَمِتْـنَا فِي طَرِيْقَتِهِمْ ... وَمُعَـافَاةٍ مِنَ الْفِتَنِ

("Al-Manhaj As-Sawiy, Syarh Ushul Thariqah As-Sadah Al Ba 'Alawi", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Sayyid Zain bin Ibrahim Bin Sumaith)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar