Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Senin, 18 November 2013

Kemuliaan Kalimat Tahmid

Ucapan Tahmid. (الْحَمْدُ لِلَّهِ) memiliki banyak keutamaan, diantaranya sbagai berikut ;

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Dzikir paling baik adalah لاَاِلَهَ اِلاَّاللَه , dan do'a paling utama adalah الْحَمْدُ لِلَّهِ" (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Hakim dan Ibnu Hibban"

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم juga bersabda, "Suci (dari hadast) adalah sebagian dari iman, ucapan الْحَمْدُ لِلَّهِ memenuhi timbangan, dan ucapan سُبْحَانَ اللَّهِ وَ الْحَمْدُ memenuhi antara langit dan bumi (HR. Muslim)

Beliau صلى الله عليه وآله وسلم juga bersabda, "Seseorang bila dikarunia oleh اَللّهُ suatu nikmat lalu ia berkata ; الْحَمْدُ لِلَّهِ, maka apa yg diberikannya (diucapkannya) lebih baik dari nikmat yg telah diterimanya" (HR. Ibnu Majah)

Dan beliau صلى الله عليه وآله وسلم juga bersabda, "Semua ucapan yg tidak diawali dengan pujian kepada Tuhan (الْحَمْدُ لِلَّهِ), menjadi cacat (kurang keberkahannya)" (HR. Abu Dawud)

Bahkan dalam memakai baju pun, اَللّهُ memberikan kemuliaan bagi orang yg berdo'a dengan Tahmid, seperti sabda Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم berikut ini,

"Barangsiapa memakai baju lalu berkata,

'Alhamdulillaahilladziiy kasaniiy hadzaa warozaqoniihi min-ghoiri hawlin minniiy walaa quwwah'

(Segala puji bagi اَللّهُ yg telah mengenakan pakaian ini kepadaku dan menjadikannya sebagai rezeqiku bukan dari usaha dan kekuatanku)

Maka اَللّهُ akan mengampuni dosanya yg lampau" (HR. Ad-Darimi)

مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar