Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Senin, 18 November 2013

'Abid yg Sombong dan Penjahat yg bertaubat


Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى : "Sesungguhnya اَللّهُ mencintai orang² yg bertobat dan menyukai orang² yg mensucikan diri" (QS. Al-Baqoroh, 2:222)

Dan Firman-Nya lagi, "Sesungguhnya اَللّهُ tidak menyukai orang² yg sombong lagi membanggakan diri" (QS. Luqman, 31;18)

Dahulu, di kalangan Bani Israil ada seorang Penjahat dan seorang Ahli Ibadah ('Abid).
Karena kesalehannya, si Abid setiap kali berjalan selalu dinaungi awan.

Pada suatu hari, bertemulah kedua orang ini. Si Penjahat berkata kepada dirinya (dalam hati), "Aku ini adalah seorang durhaka, sedang ia adalah seorang ahli ibadah, biarlah aku duduk di dekatnya agar اَللّهُ merahmatiku". Ia pun duduk disamping si 'Abid.

Sedangkan si 'Abid dengan memandang rendah berkata dalam hatinya, "Aku ini seorang 'Abid, sedangkan ia adalah seorang durhaka, mana boleh ia duduk disampingku".

Dan اَللّهُ kemudian mewahyukan kepada Nabi di Zaman itu, "Perintahkan keduanya untuk mulai beramal lagi, karena sesungguhnya AKU telah mengampuni dosa² penjahat itu dan menggugurkan amal si 'Abid"

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa pada waktu mereka beranjak dari tempat duduknya, awan yg sejak tadi berada diatas si 'Abid, berpindah menaungi sang penjahat.

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Seorang yg bertobat dari sebuah dosa, bagaikan orang yg tiada dosa baginya" (HR. Ibnu Majah)

مـاشــاءاللـــــه لاقـــــوةالابااللــــــــه

("Ihya' Ulumuddin", Hujjatul Islam Sayyidinal Imam Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghozaly رضي الله عنـه, Juz 3, Bab. "Bayanu Ma Bihit Takkabur", Dar El-Fikr, Beirut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar