Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Selasa, 27 November 2012

AL QUR`AN

☑ AL QUR`AN

Al-Qur'an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur'an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca.
Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah bagi manusia, dan bagian dari rukun iman, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw, melalui Malaikat Jibril.

Wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah saw adalah:
Surat Al-'Alaq 1-5 :
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia, Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur'an sendiri yakni pada :
Surah Al-Qiyamah 17-18 :
"Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur'an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membaca-kannya, hendaklah kamu ikuti amalkan bacaannya".

Dr. Subhi Al Salih mendefinisikan Al-Qur'an sebagai berikut:
"Kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah".

Pahala Membaca Al-Qur'an

Dalam Hadis Qudsi, اَللّهُ SWT berkata:
" Barangsiapa sibuk membaca Al-Qur'an sehingga tdk sempat meminta dan berdzikir kpd-Ku, maka Aku akan memberinya sesuatu yg lebih baik dr pahala orang2 yg memohon kepada-Ku"
(HR.Tirmidzi)

Dalam kesempatan lain, Rasulullah SAW bersanda :
"Perumpamaan seorang mukmin yg membaca Al-Qur'an, adalah seperti buah Utrujjah (sejenis limau) aromanya sedap dan rasanya lezat. Sedangkan perumpamaan seorang mukmin yg tdk suka membaca Al-Qur'an adl spt buah Kurma, tdk beraroma tetapi lezat rasanya
Perumpamaan seorang munafik membaca Al-Qur'an adl spt raihanah (tumbuhan), harum baunya tetapi rasanya pahit.
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar