Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Selasa, 27 November 2012

Kafarrah melanggar Sumpah

Kafarrah melanggar Sumpah

Pertanyaan ;
Apa yg harus dilakukan oleh seseorang yg melanggar sumpah ?

Jawaban ;
Seseorang yg melanggar sumpah diwajibkan untuk menunaikan kaffarah-nya, sbagaimana telah dijelaskan oleh wahyu اَللّهُ سبحانه وتعالى berikut ini ;

"Dan اَللّهُ tidak menghukum kamu disebabkan sumpah²mu yg tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi DIA menghukum kamu disebabkan sumpah² yg kamu sengaja, Maka kaffarah (Melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yg biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yg demikian, maka kaffarah-nya puasa selama tiga hari, yg demikian. Itu adalah kaffarah sumpah²mu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah اَللّهُ menerangkan kepadamu hukum²-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya)" (QS. Al-Maidah, 5;89)

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa seseorang yg melanggar sumpah mula² ia diwajibkan untuk memilih diantara tiga hal berikut ;

- Memberi makan sepuluh orang miskin
- Memberi pakaian 10 orang miskin
- Memerdekakan hamba sahaya

Jika ia tidak mampu melakukan satu dari ketiga hal diatas, maka ia harus melakukan puasa slama tiga hari berturut-turut.

Tidak ada batas waktu tertentu untuk membayar kaffarah sumpah. Artinya ia tidak harus membayar sumpahnya seketika setelah melanggar sumpah. Akan tetapi, smakin cepat smakin baik.

واللــــــه اعـــــلم
والعفـــــومــــــنكم

("Al-Muhadzdzab", Sayyidina Syeikh Abi Ishaq Asy-Syirazi رضي الله عنـه, Damaskus, Juz II, hal 180, Min Fatwa Ulama Salaf wal Kholaf)
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar