Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Minggu, 11 Januari 2015

Mengenal Sejarah Kelahiran Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم (Bagian. 1)

bersejarah dalam Islam merupakan bagian dari taqwa. Orang² yg bertaqwa akan slalu mempelajari sejarah, mengenang kehidupan para Nabi dan kaum sholihin serta memuliakan perjuangan mereka.

Bahkan Al-Qur'an sbagai sumber hukum pertama dan utama qta pun dipenuhi dengan berbagai cerita kehidupan para Nabi, Rasul dan Orang² yg dicintai اَللّهُ سبحانه وتعالى

Secara tegas اَللّهُ سبحانه وتعالى mewahyukan, "Dan semua kisah dari Rasul² Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah² yg dengannya Kami teguhkan hatimu" (QS. Hud, 11;120)

Ketika mengomentari ayat diatas, Imam Al-Junaid رضي الله عنـه berkata, "Kisah² (kehidupan para Nabi dan kaum Sholihin) merupakan salah satu bala tentara اَللّهُ. Kisah² tersebut dapat memperkuat hati seorang murid"

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى, "Sesungguhnya pada kisah² mereka itu terdapat pengajaran bagi orang² yg mempunyai akal. Al-Qur'an itu bukanlah cerita yg dibuat², akan tetapi membenarkan (Kitab²) yg sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yg beriman" (QS. Yusuf, 12;111)

Dua ayat diatas secara jelas menyebutkan bahwa kisah para Rasul mampu meneguhkan hati dan memberikan pelajaran kepada orang² yg berakal.

Jika hati Rasululllah صلى الله عليه وآله وسلم yg paling sempurna, paling teguh dan suci, masih diteguhkan dengan berbagai kisah para Rasul, lalu bagaimana dengan hati qta yg kotor dan lemah ini ????

Tentunya hati qta lebih membutuhkan upaya peneguhan hati tersebut.

Kisah Ashabul Kahfi, proses belajar Nabi Musa dengan Khidir dan juga kisah Dzulqarnaen, merupakan 3 kisah besar dan penuh hikmah yg tertuang di dalam Surat Al-Kahfi.
Surat ini dianjurkan untuk dibaca seminggu sekali, yaitu setiap hari Jum'at ,,,,,,

BERSAMBUNG...............

اللهم صل على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar