Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Minggu, 11 Januari 2015

Pemutus Kesenangan

Sayyidinal Imam Ghazaly رضي الله عنـه berkata dalam Kitabnya "Al-Bidayah" ;

"Hendaklah anda snantiasa merenungkan umur yg pendek (di dunia), jika dibandingkan dengan tempat tinggal di Negeri Akherat yg kekal sepanjang masa, meski anda merasa bisa hidup slama 100 Tahun.

Renungkan pula, betapa susah, payah dan hinanya pengejaran anda terhadap dunia, sebulan ato setahun, dengan harapan anda bisa hidup senang slama 20 tahun misalnya.
Tetapi, mengapa anda enggan bersusah² sedikit ketika hidup di dunia, agar anda merasakan peristirahatan yg kekal di Akherat kelak.

Karena itu, hendaklah anda tidak memanjangkan harapan untuk hidup lama di dunia, agar anda tidak merasa berat untuk beramal.
Malah hendaklah anda menganggap bahwa maut itu sudah hampir tiba, dan bisikkanlah kepada dirimu keinginan untuk bersusah² sedikit, karena mungkin anda akan mati nanti malam !
Jika tidak malam ini, mungkin esok !

Sebab, maut itu tidak akan merenggut nyawa pada masa tertentu, ato keadaan dan umur tertentu pula.
Yg jelas, kematian pasti datang, dan pada masa yg tak bisa ditentukan.
Maka, sebaiknya anda mempersiapkan diri untuk menghadapi maut ketimbang untuk dunia.

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى, "Katakanlah : "Sesungguhnya kematian yg kalian lari daripadanya itu, pasti ia akan menjemput kalian, kemudian akan dikembalikan kepada Tuhan yg mengetahui segala rahasia maupun yg terang, kemudian DIA akan memberitahu kepada kalian apa saja yg pernah kalian lakukan" (QS. Al-Jumu'ah; 8)

يــــــااللــــه بــــها يـــــــااللـــــه بــــــهايـــــااللــــه بحســــــــن الخـــــاتـــــــمة

("An-Nashaaih Ad-Diniyah Wal-Washaaya Al-Imaaniyah", Sayyidinal Imam Al-'Allamah Al-Quthb, Sayyid Abdullah bin Alwy Al-Haddad رضي الله عنـه)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar