Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Kamis, 25 Desember 2014

Tawadhu'nya Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم

Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنـه berkata, "Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم selalu menjenguk orang sakit, melayat jenazah, mengendarai keledai dan memenuhi undangan walau dari seorang sahaya

Pada waktu pembebasan Bani Quraidhah, beliau berada di atas keledai yg tali kekangnya dari sabut kurma dan berpelana dari sabut kurma pula"
(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Diriwayatkan oleh Ali bin Hujr, dari Ali bin Mushir, dari Muslim Al-A'war, bersumber dari Sahabat Anas bin Malik)

Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنـه juga bercerita, "Nabi صلى الله عليه وآله وسلم diajak makan roti dan sya'ir (gandum yg kasar), sedangkan lauknya minyak yg sudah berubah (karena lamanya), namun demikian, beliau tetap mengabulkan ajakan itu.
Dan sungguh, beliau mempunyai baju besi yg tergadai kepada seorang Yahudi, bahkan sampai hari wafatnya pun beliau tidak dapat menebusnya kembali"

(HR. Bukhari, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nasa'i, Diriwayatkan oleh Washil bin 'Abdil A'la Al-Kufi, dari Muhammad bin Fudhail, dari Al-A'Masy, bersumber dari Sahabat Anas bin Malik)

Sayyidina 'Amrah bercerita, 'Sayyidah Aisyah رضي الله عنـها ditanya, "Apakah yg dikerjakan Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم di rumahnya ?"

Sayyidah Aisyah menjawab, "Beliau adalah seorang manusia biasa, beliau adalah seorang yg mencuci bajunya sendiri, memerah susu kambingnya sendiri, dan melayani dirinya sendiri"

(HR. Bukhari dan Tirmidzi, Diriwayatkan oleh Muhammad bin Isma'il, dari Abdullah bin Shalih, dari Mu'awiyah bin Shalih, dari Yahya bin Sa'id, bersumber dari 'Amrah)

اللهم صل على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar