Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Kamis, 18 Desember 2014

Sekilas Fisik Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم

Sayyidina Ali bin Abi Thalib كرم الله وجـهه menceritakan, "Rasulullah tidak berperawakan terlalu tinggi dan tidak pula terlalu pendek. Beliau berperawakan sedang di antara kaumnya.
Rembutnya tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang.

Badannya tidak gemuk, dagunya tidak lancip dan wajahnya agak bundar. Kulitnya putih kemerah²an. Matanya hitam pekat dan bulu matanya lentik. Bahunya bidang. Beliau memiliki bulu lebat yg memanjang dari dada sampai ke pusat.

Telapak tangan dan kakinya terasa tebal. Bila beliau berjalan, berjalan dengan tegap seakan² beliau turun ke tempat rendah. Beliau berpaling, maka seluruh badannya ikut berpaling.
Diantara kedua bagunya terdapat Khatamun Nubuwah, yaitu tanda Kenabian.

Beliau memiliki hati yg paling pemurah diantara manusia. Ucapannya merupakan perkataan yg paling benar diantara semua orang.
Perangainya amat lembut dan beliau paling ramah dalam pergaulan. Barangsiapa yg melihatnya, pastilah akan menaruh hormat padanya.

Dan barangsiapa yg pernah berkumpul dengannya, kemudian kenal padanya, tentulah ia akan mencintainya.
Orang yg menceritakan sifatnya, pastilah akan berkata, "Belum pernah aku melihat sebelum dan sesudahnya orang yg se-istimewa beliau" (HR. Tirmidzi)

Dari Sahabat Ibnu Abbas رضي الله عنـه, menceritakan, "Rasulullah mempunyai gigi seri yg renggang. Bila beliau berbicara terlihat seperti ada cahaya yg memancar keluar antara kedua gigi serinya itu" (HR. Tirmidzi, Thabrani dan Baihaqi)

Sahabat Jabir bin Samurah رضي الله عنـه menceritakan, "Aku melihat Rasulullah di suatu malam yg berbulan purnama. Waktu itu beliau memakai pakaian merah. Aku berganti² memandang antara beliau dengan rembulan, ternyata beliau lebih indah daripada rembulan" (HR. Tirmidzi)

اللهم صل على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

("Asy-Syamailul Muhammadiyyah", Imam Tirmidzi رضي الله عنـه )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar