Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Kamis, 25 Desember 2014

Sekelumit Budi Pekerti Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم

Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنـه bercerita, "Aku menjadi pembantu Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم selama 10 tahun.
(Selama itu) beliau صلى الله عليه وآله وسلم TIDAK PERNAH mengatakan "Uft" (hush). Dan tidak pernah pula beliau berkata kepadaku karena sesuatu yg kukerjakan (dengan perkataan) ; 'Mengapa kau kerjakan begini ?'
Dan tidak pula karena ada sesuatu yg tidak kukerjakan (beliau berkata) ; 'Mengapa tidak kau kerjakan ?'

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم adalah sebaik² manusia ditinjau dari segi akhlaknya. Tidak pernah aku menyentuh kain yg terbuat dari bulu dan sutera, tidak pula sutera asli dan tidak pula sesuatu lainnya, yg lebih lembut dari telapak tangan Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم .

Tidak pula aku pernah mencium Kesturi atau Minyak Wangi yg lebih wangi dari keringat Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم" (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Abu Dawud)

Sayyidah Aisyah رضي الله عنـها berkata, "Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bukanlah orang yg keji, beliau tidak membiarkan kekejian, tiada mengeluarkan suara keras di pasar² dan tidak membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan. Beliau suka memaafkan dan berjabatan tangan" (HR. Tirmidzi)

Sayyidah Aisyah jg bercerita, "Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم tidak pernah memukul sesuatu dengan tangannya, kecuali tatkala beliau berjihad fii sabilillah. Beliau pun tidak pernah memukul pembantu dan wanita" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Sayyidina Muhammad bin Al-Munkadir رضي الله عنـه bercerita, "Aku mendengar Jabir bin Abdullah رضي الله عنـه berkata, 'Tak pernah kudengar Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم dimintai sesuatu, kemudian beliau berkata 'Tidak !'" (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)

اللهم صل على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

("Asy-Syamailul Muhammadiyyah", Sayyidinal Imam Al-Hafidh Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi  رضي الله عنـه/Imam Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar