Laman

Kritik & saran positif silakan di email abd.kholik99@gmail.com / abdul@akplawyer.com / info@akplawyer.com

Rabu, 24 September 2014

Pendekkan Angan-angan

رَسُوْلُ اللَّهِ (ص)--لإبن مسعودٍ--: قَصِّرْ أَمَلَكَ، فَإِذَا أَصْبَحْتَ فَقُلْ: إِنِّي لَا أُمْسِي، وَ إِذَا أَمْسَيْتَ فَقُلْ: إِنِّي لَا أُصْبِحْ، وَاعْزِمْ عَلَى مُفَارَقَةِ الدُّنْيَا، وَ أَحِبَّ لِقَاءَ اللَّهِ.

Rasulullah (saw) bersabda kepada Ibnu Mas'ud, "Pendekkanlah angan-anganmu! Jika engkau memasuki pagi hari, maka ucapkan: 'Sesungguhnya aku tidak akan hidup hingga sore hari.' Dan, jika engkau memasuki sore hari, maka ucapkan:  'Sesungguhnya aku tidak akan hidup hingga pagi hari.' Tetapkanlah hatimu untuk berpisah dengan dunia dan cintailah perjumpaan dengan Allah."

{Bihâr al-Anwâr, jilid 77, hal. 101, hadis 1}

الإمَامُ عَلِيٌّ : مَنْ أَيْقَنَ  أَنَّهُ يُفَارِقُ الأَحْبَابَ، وَيَسْكُنُ التُّرَابَ، وَيُوَاجِهُ الْحِسَابَ، وَ يَسْتَغْنِي عَمَّا خَلَّفَّ، وَ يَفْتَقِرُ إِلَى مَا قَدَّمَ، كَانَ حَرِيّا بِقِصَرِ الأَمَلِ وَ طُوْلِ الْأَمَلِ.

Imam Ali (as) : "Barangsiapa yakin bahwa ia akan berpisah dengan orang-orang yang dicintainya, akan tinggal dalam tanah, akan menghadapi hisab, tidak membutuhkan terhadap apa yang ditinggalkannya, dan membutuhkan kepada apa yang telah dikerjakannya, niscaya dia memendekkan angan-angannya dan banyak beramal."

{Bihâr al-Anwâr, jilid 73, hal. 167, hadis 31}

الإمَامُ الْبَقِرُ(ع) : تَزَوَّدْ مِنَ الدُّنْيَا بِقِصَرِ الأَمَلِ.

Imam Muhammad al-Baqir (as) berkata, "Berbekallah dari dunia dengan pendek angan-angan."

{Tuhaf al-'Uqûl, hadis 286}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar